INOVASI PENGADILAN NEGERI BATUSANGKAR

Smartphone Android merupakan salah satu jenis Smartphone dengan Sistem Operasi Android yang banyak digunakan olen masyarakat pada akhir akhir ini. Dengan harga yang relatif terjangkau dan berfariasi serta mudahnya memperoleh Smartphone ini, membuat Smartphone Android menjadi kebutuhan utama pada saat sekarang ini. Berbagai aplikasi yang terdapat pada Smartphone Android yang cukup terkenal dan menjadi kebutuhan utama diantaranya adalah layanan pesan Whatsapp, Instagram, Facebook dan sederat aplikasi yang terkenal lainnya. Bahkan menurut analisa dari berbagai sumber di internet menunjukkan bahwa penetrasi penggunaan Smartphone Android dan aplikasinya cukup pesat, kebiasaan membuka halaman website, pesan pribadi, membaca berita atau aktifitas lainnya, sebagiannya telah berpindah dari Laptop dan Personal Komputer ke Smartphone.

Aplikasi Sistem Informasi Penulusuran Perkara (SIPP) Mahkamah Agung merupakan aplikasi pencatatan histori perkara dan penelusuran perkara secara elektronik yang dibuat oleh Mahkamah Agung. Aplikasi SIPP wajib digunakan oleh seluruh lembaga peradilan di bawah Mahkamah Agung dan aplikasi ini juga bisa digunakan oleh masyarakat untuk melihat histori perkara mereka, jadwal sidang, antrian sidang dan informasi umum lainnya. Untuk kerapian dan kedisiplinan pencatatan data pada aplikasi SIPP, Badan Peradilan Umum (Eseleon Satu Mahkamah Agung) merilis aplikasi Monitoring Implementasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (MIS). Namum pembangunan aplikasi SIPP dan MIS baru dirancang untuk penggunaan pada Personal Komputer dan Laptop. Sedangkan untuk penggunaan pada Smartphone khususnya Smartphone Android dirasa masih kurang maksimal.

Berdasarkan uraian penjelasan diatas, dengan semangat akreditasi. Kami dari Pengadilan Negeri Batusangkar khususnya Bagian Teknologi Informasi membuat inovasi 2 macam aplikasi berbasiskan pada Smartphone Android, yang penggunaannya bekerja berdampingan dengan aplikasi SIPP dan aplikasi MIS, yakni :

1.Aplikasi Informasi Sidang dan Tilang (INSILANG)

Aplikasi INSILANG ini dikhususkan untuk masyarakat pencari keadilan yang sedang berurusan dengan Pengadilan Negeri Batusangkar, aplikasi ini bisa memudahkan masyarakat untuk memantau jadwal sidang perkara pidana dan perdata, memperoleh informasi antrian sidang yang sedang berjalan serta informasi denda/putusan Tilang. Aplikasi ini juga membantu dan memudahkan pihak Kepolisian Tanah Datar dan Kejaksaan Negeri Tanah Datar dalam hal memperoleh informasi seputar sidang dan tilang.

 36534404_10214819602955344_6407789316675731456_o

 

Gambar 1 : Tampilan Aplikasi INSILANG

2.Aplikasi Monitoring dan Evaluasi Implementasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIMANIS)

Aplikasi SIMANIS ini dibuatkan khusus untuk tenaga teknis dan bagian kepaniteraan Pengadilan Negeri Batusangkar, terkhusus lagi untuk Hakim, Panitera dan Jurusita. Layaknya aplikasi MIS, Aplikasi SIMANIS ini bisa digunakan untuk memonitoring dan mengevaluasi data aplikasi SIPP, aplikasi ini menyajikan informasi jadwal sidang dan notifikasi jadwal sidang, info antrian sidang, info perkara tilang, info dan notifikasi perkara minutasi, notifikasi penahanan, statistik perkara pengadilan, statistik perkara hakim, panitera pengganti dan jurusita, data kinerja pengadilan, data penyelesaian perkara, info dan notifikasi penetapan, info dan notifikasi putusan, data delegasi, info relas jurusita, info perkara hakim dan panitera, data arsip, data statistik dan antrian direktori putusan, info panjar perkara dan masih banyak lagi

3 layer

Gambar 2 : Tampilan Aplikasi SIMANIS

Kedua aplikasi tersebut sudah tersedia dan bisa di download di Google Play Store dan pembangunan kedua aplikasi tersebut hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan disesuaikan dengan trend teknologi yang berkembang pada saat sekarang ini. Selain berjalan sepenuhnya pada Smartphone Android, Aplikasi INSILANG dan SIMANIS ini bisa diakses dimanapun pengguna berada tanpa harus datang ke kantor Pengadilan Negeri Batusangkar.

Akhir kata, Semoga kedua aplikasi ini mempu menjawab trend kebutuhan sekarang ini dan mampu memudahkan pegawai Pengadilan Negeri Batusangkar untuk meningkatkan kepatuhan pengisian data pada aplikasi SIPP dan mampu menjadi yang terbaik dengan semangat MAJU BERSAMA TAMPIL BERMUTU. Kedepannya kami dari bagian Teknologi  Informasi Pengadilan Negeri Batusangkar berharap aplikasi ini bisa diterima oleh semua pihak yang terkait dan kami akan terus berupaya untuk mengembangkan aplikasi ini agar bisa lebih baik lagi agar dapat membantu memudahkan semua pihak yang sedang berurusan dengan Pengadilan Negeri Batusangkar.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *