PENGADILAN NEGERI BATUSANGKAR DAN DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA TANAH DATAR KEMBALI JAJAKI KERJASAMA SIARAN RADIO LUHAK NAN TUO

[Rabu, 10 Maret 2021]

Batusangkar-Humas: Pemanfaatan teknologi informasi saat ini sudah menjadi kebutuhan mutlak bagi instansi pemerintahan baik pusat maupun daerah terlebih di masa Pandemi Covid-19 yang menuntut pelaksanaan berbagai kegiatan instansi pemerintahan secara daring. Teknologi informasi dipergunakan untuk mendukung pelaksanaan tugas sehari-hari pada instansi pemerintahan sehingga menjadi lebih efektif dan efisien. Selain itu, teknologi informasi juga dimanfaatkan sebagai sarana untuk mengedukasi dan menyampaikan kepada masyarakat berkenaan informasi-informasi mengenai pelayanan instansi pemerintahan termasuk Pengadilan Negeri Batusangkar. Upaya pemanfaatan teknologi informasi tersebut diwujudkan oleh Pengadilan Negeri Basatusangkar salah satunya dengan menjajaki kerjasama penyiaran pada Radio Luhak Nan Tuo 102,5 FM milik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tanah Datar dalam rangka memberikan informasi kepada masyarakat mengenai informasi produk dan layanan pengadilan.

Ketua Pengadilan Negeri Batusangkar Agus Windana, S.H. dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tanah Datar Drs. Abrar telah sepakat menjalin kerjasama penyiaran pada Radio Luhak Nan Tuo 102,5 FM Tahun 2021 yang diwujudkan dalam bentuk penandatanganan perjanjian kerjasama pada hari Rabu, 10 Maret 2021. Hadir dalam kegiatan tersebut Humas Pengadilan Negeri Batusangkar Erwin Radon Ardiyanto, S.H., Sekretaris Afrizal Darnis, S.H. dan Plt. Panitera Busti Indra, S.H. serta beberapa pejabat Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tanah Datar.

“Pengadilan kini mempunyai berbagai macam aplikasi yang merupakan inovasi pelayanan kepada masyarakat salah satunya aplikasi Eraterang di mana masyarakat yang ingin mengurus surat keterangan misalnya surat keterangan tidak pernah dipidana untuk keperluan pencalonan kepala daerah maupun untuk keperluan lainnya cukup dengan mengisi data pada aplikasi tersebut dan mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan kemudian apabila sudah terverifikasi masyarakat bisa datang ke pengadilan untuk mengambil surat keterangan tersebut. Informasi mengenai inovasi tersebut perlu disosialisasikan kepada masyarakat salah satunya melalui siaran radio” kata Ketua Pengadilan Negeri Batusangkar Agus Windana, S.H., Rabu, 10 Maret 2021.

“Selain itu, pengadilan juga mempunyai aplikasi E-court yang dipergunakan sebagai media persidangan perkara perdata secara online, ­sehingga dalam beberapa agenda persidangan seperti pembacaan jawaban, replik, duplik, kesimpulan dan putusan para pihak tidak perlu datang ke pengadilan dan cukup dengan mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan pada aplikasi E-court. Selain itu masih banyak lagi baik produk, layanan maupun inovasi pengadilan yang perlu disosialisasikan kepada masyarakat melalui siaran radio”, tambahnya.

Penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tanah Datar tersebut merupakan pembaharuan perjanjian kerjasama pada tahun 2020 dan diharapkan pada tahun 2021 seluruh program siaran pengadilan pada Radio Luhak Nan Tuo 102,5 FM yang sudah dijadwalkan sesuai kesepakatan bersama antara Pengadilan Negeri Batusangkar dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tanah Datar dapat terlaksana dengan baik sehingga berbagai informasi mengenai produk dan layanan pengadilan dapat tersampaikan kepada seluruh elemen masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *