September 22, 2016

SEJARAH PENGADILAN NEGERI BATUSANGKAR

Sejarah Pengadilan Negeri Batusangkar

         Pengadilan Negeri Batusangkar sudah ada sejak zaman Belanda dengan nama Landrad Van Der Capelen yang merupakan cabang dari Landrad Sawahlunto, baru pada tahun 1968 dibentuk Pengadilan Negeri Batusangkar yang berdiri sendiri lepas dari Pengadilan Negeri Sawahlunto, dengan wilayah hukum Kabupaten Tanah Datar termasuk Padang Panjang. Pada tahun 1977 terbentuk Pengadilan Negeri Padang Panjang dengan wilayah hukum kota Padang Panjang dan 2 (dua) Kecamatan dalam Kabupaten Tanah Datar, sehingga wilayah hukum Pengadilan Negeri Batusangkar tinggal hanya Kabupaten Tanah Datar minus 2 (dua) Kecamatan.

Gedung Pengadilan Negeri Batusangkar yang sekarang ditempati, merupakan gedung lama yang dibangun pada tahun 1968 dan telah beberapa kali mengalami renovasi. Sesuai dengan perkembangan masyarakat dan kemajuan dibidang hukum, maka gedung Pengadilan Negeri Batusangkar yang ditempati sekarang,dirasa tidak lagi memadai untuk pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan, karena minimnya ruangan dan lahan yang sempit. Oleh karena itu, pada tahun anggaran 2013 Mahkamah Agung telah menganggarkan Pembangunan Gedung Pengadilan Negeri Batusangkar yang baru yang terletak di Pagaruyung,pada tanggal 21 Juni 2013 telah dilaksanakan Acara Peletakan Batu Pertama oleh Ketua Pengadilan Tinggi Padang dan Bupati Tanah Datar sebagai tanda dimulainya pembangunan gedung kantor Pengadilan Negeri Batusangkar yang baru tersebut.

Pada tanggal 1 April 2017  Pengadilan Negeri Batusangkar sudah menempati gedung kantor Pengadilan Negeri Batusangkar yang baru yang terletak di Jl. Sutan Alam Bagagarhsyah, Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas,Kabupaten Tanah Datar. yang  Representative, sehingga dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada pencari keadilan.

galeri