REFLEKSI AKHIR TAHUN 2021 MAHKAMAH AGUNG RI

Batusangkar – Humas | Menindaklanjuti Surat Sekretaris Mahkamah Agung Repuublik Indonesia tanggal 28 Desember 2021 nomor: 3367/SEK/HM.01.2/12/2021 hal Refleksi Akhir Tahun, pada hari Rabu, 29 Desember 2021, Pengadilan Negeri Batusangkar mengikuti kegiatan Refleksi Akhir Tahun 2021 Mahkamah Agung RI yang diselenggarakan secara live melalui kanal youtube Mahkamah Agung Republik Indonesia di Ruang Command Center Pengadilan Negeri Batusangkar. Siaran langsung yang dimulai tepat pada pukul 09:00 WIB tersebut juga diikuti secara online oleh seluruh aparatur pengadilan dari 4 (empat) lingkungan badan peradilan di bawah Mahkamah Agung RI. Sedangkan acara luring sendiri dilaksanakan di lantai 2 Gedung Tower dan Balairung Mahkamah Agung.

Dalam penyampaian materi refleksi akhir tahun 2021 oleh YM Ketua Mahkamah Agung RI, dipaparkan capaian kinerja dan prestasi Mahkamah Agung RI selama setahun terakhir. Ditekankan juga bahwa meski dalam 2 tahun terakhir berada dalam masa sulit dengan adanya Pandemi Covid-19, hendaknya tidak menjadi penghalang dalam melaksanakan tugas dan tanggugjawab kepada publik.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Mahkamah Agung mengungkapkan bahwa Mahkamah Agung saat ini memiliki 910 satuan kerja pengadilan, ditambah dengan 13 pengadilan tingkat banding baru yang telah disetujui beberapa waktu lalu oleh DPR, tentu bukan persoalan mudah untuk memenuhi standar Sarpras IT yang sama bagi seluruh satuan kerja pengadilan di seluruh Indonesia, mengingat keterbatasan anggaran yang dimiliki Mahkamah Agung. Namun, Mahkamah Agung akan terus berupaya agar semua satuan kerja pengadilan di seluruh Indonesia, khususnya yang ada di pelosok- pelosok dan pulau-pulau terpencil, bisa memiliki standar Sarpras IT yang setara dengan pengadilan- pengadilan yang ada di kota-kota besar, sehingga di tahun 2022 yang akan datang, tidak ada lagi kendala teknis yang dapat menghambat pelayanan pengadilan dalam proses persidangan elektronik.

Dalam rangka melaksanakan fungsi mengatur, selama tahun 2021 Mahkamah Agung telah menerbitkan beberapa regulasi dalam bentuk PERMA sebagai berikut:

  1. Perma Nomor 1 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Mahkamah Agung Nomor 2 Tahun 2017 tentang Pengadaan Hakim.
  2. Perma Nomor 2 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Mahkamah Agung Nomor 3 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pengajuan Keberatan dan Penitipan Ganti Kerugian ke Pengadilan Negeri Dalam Pengadaan Tanah Untuk Kepentingan Umum;
  3. Perma Nomor 3 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pengajuan dan Pemeriksaan Keberatan Terhadap Putusan Komisi Pengawas Persaingan Usaha di Pengadilan Niaga;

Selain dalam bentuk PERMA, Mahkamah Agung juga telah menerbitkan beberapa SEMA sepanjang tahun 2021, sebagai berikut:

  1. SEMA Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peralihan Pemeriksaan Keberatan Terhadap Putusan Komisi Pengawas Persaingan Usaha ke Pengadilan Niaga.
  2. SEMA Nomor 2 Tahun 2021 tentang Ketentuan Tenggang Waktu Penyelesaian Permohonan Penitipan Ganti Kerugian Berdasarkan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 3 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pengajuan Keberatan dan Penitipan Ganti Kerugian ke Pengadilan Negeri Dalam Pengadaan Tanah Untuk Kepentingan Umum.
  3. SEMA Nomor 3 Tahun 2021 tentang Larangan Pungutan Terkait Pengambilan Sumpah dan Janji Advokat.
  4. SEMA Nomor 4 Tahun 2021 tentang Penerapan Beberapa Ketentuan dalam Penanganan Tindak Pidana di Bidang Perpajakan.
  5. SEMA Nomor 5 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Rumusan Hasil Rapat Pleno Kamar Mahkamah Agung Tahun 2021 Sebagai Pedoman Pelaksanaan Tugas bagi Pengadilan.

Selain itu YM Ketua Mahkamah Agung RI juga mengapresiasi serta berterimakasih kepada para jurnalis karena telah menjadi mitra dan penyambung komunikasi dengan publik.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para jurnalis dan wartawan, baik dari media cetak, elektronik maupun online atas kesediaannya hadir dalam acara Refleksi Akhir Tahun ini. Semoga kita terus dapat menjalin kemitraan dengan baik demi terwujudnya Badan Peradilan Indonesia Yang Agung,” kata Ketua Mahkamah Agung di akhir sambutannya.

Tentunya harapan YM Ketua Mahkamah Agung RI tersebut seiring dengan tema refleksi akhir tahun 2021 yang telah dirumuskan yakni “Bersinergi Untuk Membangun Kepercayaan Publik”.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *