SINERGITAS/KOORDINASI ANTAR INSTANSI PENEGAK HUKUM DAN SOSIALISASI SPPT-TI

Batusangkar – Humas | Jumat, 15 Juli 2022 pukul 09.00 WIB s/d selesai, bertempat di Ruang Rapat Ketua, telah diselenggarakan kegiatan rapat Koordinasi Antar Instansi Penegak Hukum Di Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Batusangkar. Kegiatan ini diikuti oleh Kejaksaan Negeri Tanah Datar, Kepolisian Resort Tanah Datar dan Rutan Batusangkar. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan sinergitas dan koordinasi kerja antar instansi penegak hukum dan pelayanan administrasi yang cepat.

Selain itu, pada kesempatan ini juga dibahas tentang Sistem Peradilan Pidana Terpadu Berbasis Teknologi Informasi (SPPT-TI) yang disampaikan oleh Hakim Pengadilan Negeri Batusangkar Ibu Apri Yeni Asni Bawamenewi, S.H.

SPPT-TI merupakan salah satu fokus kebijakan Pemerintah, dimana SPPT-TI menjadi salah satu aksi yang diharapkan dapat menjamin adanya ketersediaan, ketepatan, dan keakuratan serta kecepatan dalam memperoleh dan memproses data dalam rangka penegakan hukum yang berkualitas.

Perlu digarisbawahi bahwa SPPT-TI lahir, bukan untuk menggantikan sistem yang sudah ada dan berjalan di lingkungan MA seperti SIMARI, SIPP, Direktori Putusan, dan lainnya. Namun, SPPT-TI ini akan mengintegrasikan data- data yang ada di masing- masing K/L terkait, sehingga diperoleh data yang berkualitas. Pada akhirnya sistem ini diharapkan dapat menjadi alat untuk melakukan perubahan penegakan hukum melalui peningkatan proses penanganan perkara dimulai dari proses di penyelidikan hingga pelaksanaan eksekusi untuk transparansi dan akuntabilitasnya. Pertukaran data hanya dilakukan pada tingkat pusat. Dengan adanya SPPT-TI ini, Pengadilan Negeri tidak perlu melakukan MOU dengan Aparatur Penegak Hukum lainnya dalam Pertukaran Data pada tingkat Satker sesuai  dengan Deputi Bidang RB, Akuntabilitas dan Pengawasan Nomor B/76/PW.04/2019.

0 Comments

No Comment.