Juli 16, 2024

Menindaklanjuti Surat Plt. Sekretaris Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 3060/SEK/HM3.1.1/X/2023 tentang Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke – 95 Tahun 2023, maka pada hari Sabtu, 28 Oktober 2023, bertempat di halaman depan kantor, Pengadilan Negeri Batusangkar melaksanakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Upacara dimulai pukul 07.00 WIB yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Batusangkar Yang Mulia Bapak Hanifzar, S.H., M.H., serta diikuti oleh seluruh Hakim dan Aparatur Pengadilan Negeri Batusangkar. Dalam amanatnya dibacakan Sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI).

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia” dengan logo HSP ke-95 yang bermakna membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna – warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya.

Momentum tersebut mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928 yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Tujuan memperingati Hari Sumpah Pemuda adalah untuk meningkatkan semangat pemuda dalam mengimplementasikan nilai-nilai Sumpah Pemuda, undang-undang no. 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan dan juga Perpres No. 43 Tahun 2022 tentang Koordinasi Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan. Selain itu, juga untuk menumbuhkembangkan pemuda menjadi pribadi berkarakter, berkapasitas, dan berdaya saing dalam memajukan Indonesia.